Diskon Malu-Malu Apple

HR Hadi/citibisnis.com

Produk yang satu ini memang mempunyai segmen tersendiri. Siapa yang memegang produk Apple, dianggap memiliki status yang berbeda dengan lainnya. Kasta mereka bakal dianggap lebih tinggi dibanding lainnya.

Mengapa demikian? Ya, karena harga produk buatan Apple selalu lebih mahal dibandingkan dengan produk dari vendor-vendor lainnya. Termasuk dengan produk buatan Samsung sekalipun.

Dengan harga yang mahal dan pasar yang mulai kurang positif, Apple pun harus berpikir keras agar produk buatannya laku terjual. Tapi, Apple terkenal sebagai produsen yang jarang, bahkan tak mau memberikan potongan harga.

Sudah tradisi Apple juga terus berinovasi menciptakan produk-produk baru dan lebih unggul dibanding pesaingnya. Apple memiliki rencana ambisius untuk mendesain ulang iPhone, salah satu produk andalannya. Namun, rencana ini tampaknya agak terhambat. Apple telah mengonfirmasi sedang menghadapi masalah serius. Perusahaan pun mencari solusi untuk memperbaikinya.

Terungkap oleh Yahoo Finance, seperti dilaporkan Forbes, Apple ternyata telah memangkas harga iPhone. Tapi, Apple tidak menawarkan diskon besar tersebut secara langsung ke pelanggan. Sebagai gantinya, ia memberikan diskon kepada operator dan pengecer sehingga dapat diteruskan ke pembeli tanpa nama Apple di belakangnya.

Sneaky!…. Begitulah Forbes menulis. Ya, tampaknya Apple masih malu-malu memberikan diskon. Tentu malu harganya jadi murah di mata pelanggan dan pasar. *