Apple Kurangi Target Produksi

HR Hadi/citibisnis.com

Pasar teknologi komunikasi melemah? Ya, bisa saja dikatakan begitu. Buktinya, Apple telah mengambil keputusan mengurangi target produksi yang direncanakan untuk tiga model iPhone baru mereka hingga 10 persen pada kuartal pertama 2019.

Cina menjadi pasar yang paling mengancam iPhone. Mengapa demikian? Selama ini, Cina ternyata menjadi pasar terbesar produk iPhone. Yang menyedihkan, permintaan produk tersebut merosot drastis di Cina.

Penurunan permintaan mungkin satu faktor saja. Masih ada faktor lain, di antaranya produk lokal juga sudah menjadi bagian hidup bagi masyarakat Cina. Pada saat yang sama, vendor Cina juga mulai membuat smartphone kelas tinggi.

Faktor lain yang dianggap berpengaruh terhadap rencana iPhone adalah perlambatan ekonomi global. Ini terjadi karena panasnya perang dagang Amerika Serikat dengan Cina.

Penyebab lainnya, banyak analis dan konsumen bilang harga iPhone baru terlalu mahal. Yang pasti, Apple akhirnya meminta pemasoknya mengurangi produksi unit iPhone XS, XS Max, dan XR. *