Kawasan Industri Halal akan Dikembangkan

JAKARTA, citibisnis.com — Pemerintah akan mengembangkan kawasan industri halal. Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Imam Haryono menyatakan, pengembangan ini perlu dilakukan karena besarnya permintaan produk halal di Tanah Air.

Timnya, menurut Imam, sudah menyiapkan perangkat regulasinya bersama dengan Kadin Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kemenperin akan melakukan uji coba dengan membuat zona industri halal yang sudah mapan sebagai percontohan. Bila sudah siap, akan diterapkan di kawasan industri berikutnya. Zonasi halal tersebut bisa dari industri makanan dan minuman olahan karena memang sudah cukup mendesak.

Iman menuturkan, negara-negara lain sudah lebih dulu memulainya. Indonesia perlu segera mengembangkannya karena mempunyai potensi atau peluang yang besar untuk mengembangkan zona industri halal tersebut. Permintaannya terbukti besar. Permintaan produk halal sudah mulai meningkat, terutama untuk makanan dan minuman serta kosmetik. *