Jepang Agresif Garap Turis Muslim

HR Hadi/citibisnis.com

TOKYO, citibisnis.com – Jepang benar-benar serius menggarap bisnis halal. Negara ini rupanya sudah mempelajari besarnya peluang menggarap industri berbasis syariah.

Salah satu yang serius digarap oleh Jepang adalah industri pariwisata halal. Jepang pun berbenah dengan menyediakan keperluan bagi para pelancong Muslim yang datang ke negara tersebut.

Akhirnya, gelombang kuat wisatawan Muslim hadir di Jepang. Akibatnya, memicu pertumbuhan restoran halal dan hotel yang sesuai syariah di Jepang.

Untuk memenuhi kebutuhan Muslim, beberapa orang Jepang telah mendirikan hotel ramah syariah, termasuk salah satunya ada di kaki Gunung Fuji. Bandara internasional di Jepang juga telah membuka masjid, menawarkan makanan halal bagi umat Islam, di tengah rencana yang lebih luas untuk membuat bandara Jepang lebih ramah Muslim.

Desember 2018 lalu, Jepang mengadakan peragaan busana yang pertama kali bagi wanita Muslim. Acara ini diadakan bersamaan dengan Halal Expo Jepang di Tokyo. Sekitar 10 merek, terutama dari Singapura, memajang kreasi mereka di pameran tersebut. *