Ekonomi Syariah Mampu Kurangi Defisit Transaksi Berjalan

JAKARTA, citibisnis.com – Pemerintah sangat yakin ekonomi syariah mampu memberikan sumbangan besar terhadap perekonomian nasional. Salah satunya dengan menurunkan defisit transaksi berjalan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, ekonomi syariah bereperan dalam memangkas defisit transaksi berjalan dengan meningkatkan ekspor produk industri halal. Bila ekspor komoditas halal naik, tentu pendapatan negara juga naik. Imbasnya bisa mengurangi defisit transaksi berjalan. Defisit ini masih mengancam karena ekspor belum sebanding dengan impornya.

Untuk mengurangi defisit neraca berjalan (CAD), ungkap Bambang, pelaku industri syariah harus bisa menggenjot ekspor berbasis halal. “Kalau kita sekarang net importer kan berarti memperberat CAD. Jadi, alangkah baiknya kita balik itu jadi net eksporter,” jelas Bambang, Kamis (03/01/2019) lalu.

Indonesia berpotensi menjadi pemain hebat di industri syariah. Alasannya, Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia. Potensi yang bisa dikembangkan Indonesia juga melimpah. Jika potensi tersebut bisa dikembangkan, roda ekonomi bisa berputar lebih kencang. &*