BMI Ingin Kembangkan Ekosistem Halal

JAKARTA, citibisnis.com – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) bertekad akan turut mengembangkan ekosistem halal dengan masuk di segala sektor syariah. Menurut Direktur BMI Achmad Kusna Permana, yang bisa digarap di antaranya adalah teknologi finansial.

Permana menyatakan, pihaknya ingin bisa menggarap seluruh sektor halal di Tanah Air. BMI juga ingin berkolaborasi dengan semua elemen syariah yang ada di Indonesia untuk mewujudkan target tersebut. “Bank Muamalat dengan senang hati harus bisa masuk ke dalamnya. Kita berkembang bersama,” jelas Permana, Senin (15/4/2019) lalu.

BMI sedang mengembalikan fitrahnya agar bisa fokus pada pengembangan potensi terbesar yang telah dimiliki. Menurut Permana, ketika ingin berkompetisi pada beragam sektor, BMI justru tidak bergerak ke mana-mana. Karena itulah, BMI fokus pada pengembangan ekosistem syariah yang menjadi basis kekuatannya. Sebagai contoh, BMI fokus menggarap bisnis haji dan umrah. Tercatat BMI mampu menarik lebih dari 120 ribu akun haji baru setiap tahun. Pangsa pasar haji khusus juga mencapai 51 persen.

“Muamalat harus ada di sana. Kita harus bisa fasilitasi apa pun yang jadi bagian ekosistem syariah, tekfin, makanan, rumah sakit, sekolah, masjid, banyak lagi,” tutur Permana. *