Menhub tak Ingin Kredit Kendaraan Tanpa DP

JAKARTA, citibisnis.com – Kebijakan baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membolehkan kredit tanpa uang muka atau down payment nol persen ternyata banyak menuai kritik. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi termasuk pejabat yang tidak menyetujui aturan kredit tanpa uang muka tersebut.

Menhub menilai kredit tanpa uang muka untuk memiliki kendaraan roda dua atau roda empat bisa menimbulkan dampak negatif. “Saya termasuk yang tidak setuju karena hal ini menimbulkan risiko bagi industri leasing itu sendiri, termasuk mobilnya,” jelas Menhub di Jakarta, Senin (14/01/2019).

Kredit tanpa uang muka, menurut Menhub, tidak menimbulkan risiko apapun. Mobil bisa bebas diambil, kemudian dua-tiga bulan selesai dan dikembalikan. Jadi mereka harus punya tanggung jawab sehingga perlu adanya uang muka kredit kepemilikan kendaraan.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla juga sempat menyatakan kredit tanpa uang muka berisiko tinggi. Yang bisa terjadi, akan terjadi kredit macet dan ini justru merugikan bagi pemberi kredit. *