Kebijakan Ekonomi AS Bisa Pengaruhi Ekonomi RI

HR Hadi

JAKARTA — Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, ketatnya political defend Amerika Serikat (AS) mampu memengaruhi sentimen dan kepercayaan dunia terhadap pelemahan ekonomi global. Namun, dia optimistis stabilitas ekonomi makro nasional tetap terjaga.

Pihaknya, kata Menkeu, tetap menjaga stabilitas ekonomi untuk menghadapi tekanan global. Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga iklim investasi di dalam negeri. “Itu tentu akan memberikan pengaruh yang sangat besar kepada seluruh dunia. Oleh karena itu, kita akan tetap fokus untuk memperbaiki daya tahan dari ekonomi kita melalui policy-policy yang telah kita sampaikan,” ungkap Menkeu di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Kebijakan pemerintah, jelas Sri, harus kondusif untuk memperbaiki iklim investasi, seperti yang selama ini diminta oleh Presiden. Karena itu, pihaknya fokus dalam menjalankan instrumen-instrumen di bidang fiskal sebagai implementasi yang sudah dicanangkan sesuai APBN. “Kami juga tetap fokus mengharapkan bahwa sampai akhir tahun, terutama dengan instrumen-instrumen yang ada di bidang fiskal kita berharap tetap bisa menjalankan APBN sampai akhir tahun dengan baik. Jadi artinya, stabilitas makro akan tetap terjaga,” ungkapnya. *