Target Investasi Kelistrikan 12,04 Miliar Dolar AS

HR Hadi/citibisnis.com

JAKARTA, citibisnis.com – Pemerintah menargetkan investasi di bidang kelistrikan bakal menembus 12,04 miliar dolar AS. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy M Sommeng, target tersebut lebih rendah dari Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik/RUPTL yang sudah ditetapkan sebanyak 12,2 miliar dolar AS.

Pemerintah mengaku ingin lebih realistis dengan melihat situasi dan kondisi yang ada saat ini. Menurut Andy, investasi lebih rendah karena penyesuaian nilai investasi akibat perubahan commercial operation date (COD) yang harus menyesuaikan dari RUPTL. Karena itulah, pada 2019 in pemerintah berusaha memperoleh data-data nilai investasi yang lebih realistis. Sebelumnya, data didapat dari BKPM dan PLN saja.

Dana investasi tersebut, menurut Andy, kebanyakan untuk pengadaan pembangkit listrik, transmisi dan distribusi, serta pembangunan gardu induk. Investasi juga telah melibatkan PLN, IPP, wilayah usaha, dan izin operasi (IO). Berdasarkan catatannya, realisasi investasi di ketenagalistrikan mencapai 11,8 miliar dolar AS pada 2018 lalu. *