Lanjutkan Megaproyek 35 Ribu MW, PLN Investasi Rp 90 Triliun

HR Hadi/citibisnis.com

JAKARTA, citibisnis.com — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiapkan investasi sebesar Rp 90 triliun pada 2019 ini. Menurut Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto, investasi sebesar itu mayoritas untuk melanjutkan proyek 35 ribu megawatt (MW).

PLN sudah menyiapkan rencana untuk menyediakan anggaran dana sebesar itu. Yang akan dilakukan, menurut Sarwono, di antaranya dari ekuitas perusahaan maupun pendanaan pihak ketiga. Opsi penerbitan obligasi dan local bond juga bisa menjadi pilihan.

PT PLN pada tahun lalu menerbitkan obligasi global senilai 1,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 22,83 triliun. Hasilnya digunakan untuk mendanai investasi, termasuk untuk merealisasikan proyek listrik 35 ribu MW.

Sarwono menjelaskan, pihaknya memiliki banyak opsi untuk mencari dana Rp 90 triliun. ‚ÄúTapi gini, PLN masih punya uang sekarang ini. Kan dari dulu saya janji pilihan kami itu banyak, tidak cuma global bond, ada local bond juga. Kami bisa pilih pinjaman, sekuritisasi, kami pilih mana yang paling bagus, murah, waktu tepat, kemudian jumlah yang tepat, harga yang tepat,” jelas Sarwono, di Jakarta, Jumat (11/01/2019). *