Stok Beras Melimpah

HR Hadi

JAKARTA – Kementerian Pertanian menyatakan stok beras nasional sangat aman. Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, gudang Bulog di sejumlah wilayah mempunyai stok yang memadai.

“Artinya, menunjukkan produksi kita aman,” ungkap Amran saat menghadiri Kongres VIII Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIPMI) di IPB International Convention Center (IICC) Kota Bogor, Kamis (3/10/2019). Persediaan beras di sejumlah provinsi malah sudah melebihi kapasitas, seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Lampung.

Stok beras terus bertambah meski cuaca kering. Bulog melaporkan stok beras di gudang mereka berada di angka 2,5 juta ton. Stok beras pada Januari hanya 2,0 juta ton. Dengan demikian, dalam sembilan bulan stok beras meningkat 500 ribu ton. “Stok beras 2,5 juta ton laporan dari Dirut Bulog mulai bulan Januari hingga September dari Januari 2,0 jutaan kemudian menjadi 2,5 juta,” jelasnya.

Persediaan semakin melimpah dalam dua sampai tiga bulan mendatang. Ini karena sejumlah daerah akan menyambut musim panen. *