Pertamina dan PLN Garap Bisnis Listrik

HR Hadi

JAKARTA – PT Pertamina dan PT PLN bersepakat melakukan joint venture bisnis kelistrikan berbasis gas, LNG, dan energi terbarukan. Kesepakatan akan dijalankan anak perusahaan masing-masing, yaitu PT Pertamina Power Indonesia (PPI) sebagai anak usaha Pertamina dan PT Indonesia Power (IP) dari anak usaha PLN.

“Sebagai perusahaan nasional, tentunya hal ini menjadi kewajiban moral kami untuk selalu melakukan percepatan proses transformasi technology, knowledge dan skill, serta peningkatan expertise, dan capabilities agar Indonesia bisa mandiri,” ungkap President Director PPI Ginanjar, di Jakarta, Kamis (3/10/2019). Menurut dia, kerja sama kedua anak perusahaan ini menjadi wujud mimpi untuk mengoptimalkan human capital Indonesia, sekaligus meningkatkan expertise dan capabilities anak bangsa.

Bisnis kelistrikan memberi peluang yang signifikan dan bisa dikelola oleh tenaga ahli domestik. Karena itulah, kedua pihak juga sepakat kerja sama bidang operation dan maintenance (O&M) maupun sebagai pengembang independent power producer (IPP) berbasis gas atau LNG dan energi baru terbarukan.

Direktur Utama IP Ahsin Sidqi menuturkan, pengalaman yang luas dan jam terbang tinggi dalam bidang OM pembangkit listrik, akan memberikan jaminan operasional yang andal dan nilai tambah. Khususnya untuk proyek-proyek pembangkit yang saat ini sedang dikembangkan PPI. *