Pemerintah Siap Bangun Kereta Bandara di 4 Kota Lain

Pemerintah Siapa Bangun Kereta Bandara di 4 Kota Lain

JAKARTA – Setelah sukses di Jakarta, pemerintah berencana membangun kereta bandara di kota-kota lain. Kementerian Perhubungan menyatakan, ada empat kota yang dibidik pemerintah untuk dibangun kereta tersebut, antara lain Surabaya, Bali, Makassar, dan Kertajati.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pemerintah akan memulai tahapan konstruksi kereta bandara di Surabaya pada 2021. Kereta bandara di wilayah ini dianggap penting karena memiliki jumlah penduduk yang padat dan bandaranya juga besar.

Pemerintah juga ingin membangun kereta serupa di Bali yang nantinya bisa terkoneksi dengan kereta api ke Bali Utara. Pembangunan kereta bandara juga akan dilakukan di Makassar dan terakhir di Kertajati. Kertajati akan menggantikan posisi Bandung. “Kita akan reaktiviasi dari kota Bandung ke Kertajati,” jelas Menhub saat Soft Launching Kereta Bandara Manggarai di Stasiun Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

PT Railink menjadi anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Angkasa Pura II (Persero) yang melayani bisnis kereta api khusus bandara. Railink semula dibentuk untuk membangun KA Bandara Kualanamu yang membawa penumpang menuju Bandara Kuala Namu dari pusat kota Medan ataupun sebaliknya. *